A.
LATAR BELAKANG
Perpustakaan
sekolah adalah salah satu sarana pelengkap sekolah untuk mencapai angka
akreditas. Begitulah yang sering kita dengar sejauh ini. Pada kenyataan yang
ada, ada atau tidaknya perpustakaan di lingkungan sekolah sama sekali tidak berpengaruh
bagi sebagian siswa atau warga sekolah yang lainnya. Hal itu disebabkan warga
sekolah khususnya siswa jarang ada yang meluangkan waktunya untuk berkunjung
diperpustakaan. Baik itu berkunjung untuk sekedar membaca bacaan santai ataupun
mencari referensi untuk tugas-tugas mereka. Bahkan ada sebagian siswa hanya
menjadikan perpustakaan hanya untuk tempat berteduh ketika jam kosong, tempat
mengobrol dan lain sebagainya tanpa mengetahui bagaimana cara menggunakan
perpustakaan itu dengan baik dan sesuai kaedah dari fungsi perpustakaan
sendiri.
Pada
kenyataannya, siswa sekolah dasar kurang begitu berani menginjakkan kakinya di
perpustakaan. Alasannya pun bermacam-macam, dari siswa yang takut mendengar
kata pustakawan yang galak, berlanjut
kepada sebagian siswa yang memang lebih senang bermain di halaman sekolah
daripada dihadapkan dengan buku-buku yang berderet di rak perpustakaan yang
tampak kurang begitu menarik untuk dibaca atau disentuh sekalipun. Dilanjut
dengan sebagian besar siswa yang tidak tahu menahu tentang isi dari
perpustakaan, bagaimana cara memberlakukan koleksi yang ada di perpustakaan dan
banyak alasan lain yang membuat siswa segan berkunjung ke perpustakaan.
Di era
global ini pustakawan dituntut untuk bisa mengubah kenyataan yang seperti.
Pustakawan harus mampu merubah pola pikir para pemustaka tentang perpustakaan.
Dan salah satu cara tersebut adalah dengan adanya user education agar para pemustaka lebih mengenal perpustakaan
beserta fungsinya.
B.
TUJUAN
1.
Memberikan
sosialisasi pentingnya perpustakaan kepada siswa Sekolah Dasar Merdeka
2.
Meberikan
penjelasan kepada siswa Sekolah Dasar Merdeka bagaimana cara memanfaatkan
fasilitas di perpustakaan
3.
Menjalankan
fungsi pustakawan sebagaimana mestinya
C.
TARGET DAN SASARAN
A. Target
1.
Pemustaka
mampu mengetahui fungsi dari perpustakaan yang ada di sekolahnya
2.
Pemustaka
mampu memanfaatkan perpustakaan sebagaimana mestinya
3.
Para
pustakawan mampu memberikan informasi tentang pentingnya perpustakaan beserta
isinya
4.
Pustakawan
mampu menjadi guide bagi pemustaka
dalam mencari informasi di perpustakaan
B. Sasaran
Seluruh Siswa Sekolah Dasar Merdeka kelas I, II,
III, IV, V, VI
D.
MATERI
Kegiatan
user education itu sendiri mempunyai
banyak hal yang akan disampaikan, antara lain :
1.
Pengenalan
fungsi perpustakaan secara umum
2.
Pengenalan
tentang koleksi yang dimiliki perpustakaan
3.
Penjelasan
tentang bagaimana cara peminjaman beserta cara pengembalian koleksi
E.
NARASUMBER
1.
Penanggung
jawab : Kepala Sekolah Dasar Merdeka
2.
Ketua
pelaksana : Kepala
Perpustakaan Sekolah Dasar Merdeka
3.
Pemateri : Pustakawan SD Merdeka
4.
Peserta : 1 kelas setiap sesi
(25 – 35 siswa setiap kelas)
F.
WAKTU DAN JADWAL
Kegiatan user education ini akan dilaksanakan pada :
Hari : Senin - Sabtu
Tanggal : 12 – 17 November 2012
Tempat : Aula Sekolah Dasar Merdeka
Waktu dan jadwal : Senin, 12 November 2012 07.30 – selesai ( Kelas 1 )
Selasa, 13 November 2012 07.30 – selesai ( Kelas 2 )
Rabu, 14 November 2012 07.30 – selesai
( Kelas 3 )
Kamis, 15 November 2012 07.30 – selesai ( Kelas 4 )
Jumat, 16 November 2012 07.30 – selesai
( Kelas 5 )
Sabtu, 17 November 2012 07.30 – selesai ( Kelas 6 )
G.
ANGGARAN
Untuk
mengadakan kegiatan ini diperlukan biaya. Berikut lampiran perencanaan anggran
yang diperlukan :
Kegiatan
|
Dana
|
Pengadaan
handbook
|
Rp.
1.200.000,-
|
Souvenir
Peserta
|
Rp.
850.000,-
|
Konsumsi
|
Rp.
1.600.000,-
|
H.
PENUTUP
Dengan
diadakannya kegiatan ini maka diharapkan para pemustaka lebih bisa mengerti dan
tahu tentang fungsi dari perpustakaan. Dengan begitu maka pemustaka akan lebih
maksimal dalam memanfaatkan fungsi perpustakaan itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar